Wednesday 24 April 2013

Tambah Airbag, Harga Xenia Naik Rp 5 Juta

Muhammad Ikhsan - detikOto



Jakarta - Daihatsu Xenia dengan fitur safety dual airbag bakal meluncur di Indonesia bulan depan. Meski belum diketahui varian mana saja yang akan tersemat dual airbag, namun kemungkinan akan ada kenaikan harga sekitar Rp 5 juta.

"Karena ada tambahan, diperkirakan kenaikan sekitar Rp 5 juta," sebut sumber di PT Astra Daihatsu Motor kepada detikOto, Rabu (24/4/2013).

Menurutnya Xenia dengan penambahan fitur airbag akan semakin membuat rasa aman penggunanya. Jadi dengan penambahan harga dan mobil yang nyaman berkat improve pada interior, kenaikan harga Rp 5 juta sangat pantas.

"Kita lakukan improvement fitur keamanan dan interior dan sesuai standar international," ucap sumber.

Kabarnya, fitur safety dual airbag tidak tersemat pada seluruh varian Xenia. Hanya Xenia mesin 1.300 yang menggunakan fitur keselamatan tersebut.

Untuk acuan Otolovers, Xenia mesin 1.300 cc saat ini dibanderol mulai dari Rp 147,7 juta (standar) sampai Rp 185,8 juta (Attivo).

Wednesday 17 April 2013

Daihatsu Segera Resmikan Pusat Riset dan Pengembangan di Indonesia


Dadan Kuswaraharja - detikOto



Jakarta - Impian Presdir PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR untuk memiliki pusat riset pengembangan sendiri di Indonesia terpenuhi. Daihatsu pekan depan akan meresmikan pabrik perakitan sekaligus Research & Development Center Daihatsu.

Fasilitas ini akan diresmikan oleh Wakil Presiden Boediono di Karawang, Jawa Barat. Nantinya di fasilitas tersebut Daihatsu bisa memproduksi mobil dari awal. Mulai dari engineering, marketing sampai produksi.

Sebelumnya, untuk persiapan proses ini, Daihatsu mengirim beberapa insinyur untuk belajar ke Jepang.

"Kami ke depan punya visi untuk mengembangkan R&D (Riset dan pengembangan) di Indonesia. Sehingga Indonesia punya kebanggaan, ADM, Insya Allah akan melangkah ke sana," ujar Sudirman beberapa waktu lalu.

Sudirman mengakui dalam desain produk, orang Jepang masih berperan sampai 80 persen, padahal mobil-mobil Daihatsu merupakan mobil yang sangat dedicated untuk pasar Indonesia.

"Jadi secara kemampuan ADM manufaktur kendaraan ini yang terbesar di Indonesia, kualitas dunia, produk hanya di Indonesia, bagaimana developmentnya, ya kita harus pikirkan R and D ini," ujarnya.

Bagi Sudirman, tidak ada lagi yang bisa membuat dirinya bangga ketika pabrikan mobil di Indonesia sudah bisa membuat mobil dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 100 persen. "Itu mimpi saya," ujarnya.

Selama ini kegiatan riset dan pengembangan sebuah mobil masih dilakukan di negara asal merek mobil tersebut mulai dari desain hingga uji coba awal. Baru setelah mobil ini selesai didesain dan diuji coba, negara yang ingin menjualnya diajari cara merakit.

Ada kabar yang mengatakan kalau Daihatsu siap menggelontorkan dana hingga Rp 1 triliun untuk dana awal pembangunan pusat R&D tersebut.

Friday 12 April 2013

Promo April 2013 Daihatsu Surabaya


Hanya di bulan April 2013 dapatkan penawaran sebagai berikut :

- Paket kredit DP mulai 15%*

- Free service + oli (sesuai buku servis)**

- Free GPS***


*Wajib melampirkan NPWP & SIUP/SKU
**Xenia all type
***Xenia & Terios

Harga Daihatsu Baru Surabaya April 2013


Thursday 11 April 2013

20 Mobil Terlaris Maret 2013

Jakarta - Penjualan mobil di bulan Maret lalu mengalami penurunan tipis 7 persen. Penurunan angka penjualan disumbang oleh merek-merek besar seperti Toyota, Suzuki dan Mitsubishi.

Toyota harus rela mengalami penurunan penjualan karena mengalami masalah pasokan suku cadang ke pabrik. Akibatnya mobil-mobil seperti Avanza, dan Kijang Innova angka penjualannya mengalami penurunan signifikan.

Yang menarik mobil city car pertama Toyota, Etios berhasil merangsek masuk daftar mobil populer bulan lalu. Meski masih berada di papan bawah.

Sementara Suzuki mengalami penurunan di mobil-mobil populer seperti Ertiga yang hampir turun setengahnya.

Di sisi lain Daihatsu mulai kembali pulih dan kembali ke urutan kedua dalam daftar merek terlaris. Honda juga mencatat angka penjualan yang manis dengan semua mobil hampir menguasai segmennya masing-masing. Seperti Honda Jazz, Honda Brio, dan Honda CR-V.

Berikut daftar 20 mobil penumpang dan pikap terlaris di bulan Maret 2013 yang detikOto rangkum dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo)

1. Toyota Avanza 14.333 unit
2. Daihatsu Xenia 7.141 unit
3. Toyota Kijang Innova 5.093 unit
4. Daihatsu Gran Max Pikap 3.857 unit
5. Suzuki Ertiga 3.702
6. Honda Jazz 3.668 unit
7. Honda CR-V 2.817 unit
8. Toyota Rush 2.577 unit
9. Mitsubishi L-300 PU Dsl 2.539 unit
10. Daihatsu Terios 2.486 unit
11. Honda Brio 2.483 unit
12. Nissan Grand Livina 2.288 unit
13. Toyota Yaris 2.258 unit
14. Suzuki Carry MT Pikap 2.097
15. Mitsubishi T-120 SS mini Pikap 1.662 unit
16. Toyota Fortuner 1.580 unit
17. Toyota Hilux 1.577 unit
18. Toyota Etios 1.289 unit
19. Daihatsu Gran Max minibus 1.110 unit
20. Honda Freed 1.096 unit

Wednesday 10 April 2013

Indonesia Pasar Terbesar Daihatsu

Syubhan Akib - detikOto



Jakarta - Tidak disangka-sangka, Indonesia adalah tulang punggung penjualan Daihatsu di dunia. Indonesia adalah pasar terbesar yang dimiliki merek Daihatsu.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra memaparkan kalau ada dua negara yang memiliki pasar terbesar bagi Daihatsu yakni Malaysia dan Indonesia.

Hanya saja, di Malaysia, produk-produk Daihatsu dijual menggunakan merek lokal, Perodua, bukan dengan merek Daihatsu. Sementara di Indonesia, Daihatsu langsung menjual langsung dengan mereknya.

"Di dunia, Daihatsu sukses di beberapa negara. Di Malaysia jadi nomor satu, tapi bukan pakai merek Daihatsu, tapi Perodua. Di sana sekitar 15-16 ribu sebulan dengan sumbangan terbesar dari Sirion atau Myvi," ujarnya di pabrik ADM, Sunter, Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Namun bila ditanya dimana merek Daihatsu yang terbesar, maka Indonesia adalah jawabannya.

Selain masalah penjualan, Daihatsu di Indonesia pun ternyata juga memiliki pabrik di luar Jepang yang terbesar di dunia.

Dengan pabrik yang besar saja, Daihatsu menurut Amelia masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan domestik yang membuatnya mempersiapkan lahan besar di Karawang untuk membangun pabrik.

ADM tercatat sebagai penghasil kendaraan Daihatsu terbesar di luar Jepang. Mengalahkan Perodua di Malaysia dan Daihatsu Venezuela.

95.939 Mobil Terjual di Maret, Ini 10 Merek Terlaris

Syubhan Akib - detikOto

Jakarta - Pasar mobil Indonesia turun di Maret silam. Bila pada bulan Februari ada 103.268 mobil yang terjual, di Maret hanya 95.939 mobil yang terjual. Dan yang paling mengejutkan, penjualan Suzuki menurun dengan signifikan.

Dari data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor yang detikOto dapat dari Honda terungkap kalau ada 95.939 mobil yang terjual bulan lalu dengan Toyota sebagai pemimpin pasar setelah menjual 32.726 mobil.

Di bawah Daihatsu dan Mitsubishi kembali menempati posisi kedua dan ketiga seperti posisi tahun lalu setelah masing-masing melepas 15.788 mobil dan 12.690 mobil.

Namun, yang paling mengagetkan adalah terlemparnya Suzuki dari posisi kedua. Di Maret lalu, Suzuki yang penjualannya meningkat drastis sejak kemunculan Eriga harus puas ada di posisi 5 setelah hanya mampu menjual 8.399 mobil, turun drastis dari penjualan bulan sebelumnya yang mencapai 14.909 unit.

Penjualan Suzuki ini bahkan kalah dengan penjualan Honda yang berada di posisi 4 setelah melepas 11.497 mobil di Maret.

Berikut 10 merek terlaris di Maret:

1. Toyota: 32.726
2. Daihatsu: 15.788
3. Mitsubishi: 12.690
4. Honda: 11.497
5. Suzuki: 8.399
6. Nissan: 4.648
7. Hino: 2.669
8. Isuzu: 2.619
9. KIA: 1.095
10. Mazda: 966

Total Maret: 95.939
Total 2013: 295.912

Tuesday 9 April 2013

Yang harus dan Jangan Dilakukan Soal Ban


Ban merupakan fitur keamanan paling penting yang ada di mobil. Mereka adalah satu-satunya yang menghubungkan langsung antara mobil dengan jalan. Bahkan, teknologi keselamatan dan keamanan seperti ABS hingga Electronic Stability Control tidak bisa berfungsi dengan baik jika ban tidak punya daya cengkram yang juga baik. Namun sayangnya, masih banyak pengendara yang kurang memperhatikan komponen yang satu ini. Jadi, berikut kita coba sampaikan hal-hal yang harus dan jangan dilakukan terkait ban.
Jangan Pelit
Ban berbandrol murah dan dirancang dengan asal-asalan membutuhkan jarak pengereman yang lebih jauh dan sulit dikendalikan saat melakukan maneuver mendadak. Pada ban biasanya terdapat traction rating (AA, A, B atau C) yang tertera di samping ban, belilah ban dengan rating A atau AA.
Jangan Boros
Seperti biasa, ban dengan merek terkenal biasanya membutuhkan biaya yang lebih jika Anda ingin menggunakannnya di mobil. Merek-merek tersebut kerap menghasilkan ban berkualitas tinggi. Namun tidak sedikit ban yang diproduksi oleh brand yang kurang tenar namun tetap memproduksi ban dengan kualitas yang tidak kalah. Jangan segan untuk bertanya ke toko ban atau mencari rekomendasi dari situs internet.
Pilih Distributor Ban yang Tepat
Saat tiba saatnya membeli ban, biasanya orang pergi ke dealer resmi atau bahkan ke bengkel langganan. Nah, tempat yang dituju tersebut hanya memiliki stok ban yang terbatas. Cobalah kunjungi dealer ban yang punya koleksi ban cukup banyak untuk beragam kebutuhan. Bicarakan tentang cara berkendara Anda dan minta rekomendasi darinya.
Lebih Realistis
Ban, sama seperti banyak hal lain, akan habis masa pakainya. Bahkan ban performa masa pakainya jauh lebih cepat. Sementara ban yang mengutamakan kenyamanan bisa jadi kurang lincah di tikungan. Sadari hal ini dan tentukan pilihan.
Jangan Mengganti Hanya Satu Ban
Ini penting. Kembangan ban yang berbeda akan sangat berpengaruh terhadap daya cengkram, terlebih saat kondisi jalan basah. Jika Anda harus mengganti ban, gantilah langsung sepasang ban dengan merek dan jenis yang sama. Ban baru umumnya mampu mencengkram jalan lebih baik, jadi taruhlah ban tersebut di belakang. Pasalnya, ban baru memiliki kemampuan membuang air dengan sangat baik lantaran kembangannya yang masih cukup dalam. Sehingga membuat ban belakang menjadi licin.
Jangan Abaikan Ban
Ban bukanlah benda yang bebas perawatan. Ban kehilangan  tekanan angin 1 psi stiap bulan dan 1 psi lagi saat temperatur udara turun 10 derajat. Jadi, disarankan untuk rutin memeriksa tekanan ban dan langsung menambahnya jika di rasa kurang.

Cara Mudah Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil

Aditya Maulana - detikOto



Jakarta - Otolovers pasti bertanya-tanya bagaimana caranya membersihkan jamur pada kaca mobil selain datang ke salon mobil. Selain untuk menghemat biaya juga Anda tidak perlu repot-repot membuang waktu datang ke salon mobil, karena membersihkan jamur pada kaca mobil itu cukup mudah.

Seperti yang diutarakan oleh pemilik bengkel Auto Detailer yang berada di Mega Glodok Kemayoran (MGK) lantai 8 Auto Zone Premium, Joe kalau membersihkan jamur kaca mobil tidaklah sulit.

Cara mengatasilnya, lanjut Joe yakni dengan menggunakan glass scrub. Setelah mendapatkan glass scrub tinggal di gosokan secara perlahan pada kaca yang dihinggapi oleh jamur.

"Beli grass scrub di toko-toko peralatan rumah tangga juga ada. Gosok perlahan-lahan saja pasti lama kelamaan akan bersih sendiri," tutur Joe saat ditemui detikOto di markasnya, Kamis (4/4/2013).

Tapi Joe mengatakan tingkat kebersihannya tergantung dengan kondisi atau berapa lama jamur itu hinggap di kaca mobil. Kalau sudah bertahun-tahun tidak akan 100 persen bersih.

"Ibaratnya seperti sakit saja kalau sakit batuk bertahun-tahun bukan batuk lagi namanya tapi TBC. Ini juga sama, kalau sudah jamurnya lama pasti sulit untuk membersihkan 100 persen," timpal Joe mengibaratkan.

Jika sudah lama dan tidak bisa dibersihkan 100 persen lalu apa yang harus dilakukan?

"Kalau sudah seperti itu harus di kikis, tapi resikonya kaca akan menitips dan menimbulkan efek yang bisa merusak mata," katanya.

Nah Otolovers juga jangan sekali-kali membersihkan dengan obat cair, menurut Joe dengan membersihkan menggunakan cairan resikonya besar, pasir kaca akan menipis dan nantinya kulit pada lapisan kaca akan bergemombang dan berkabut.

"Resikonya biasanya kulit kaca akan bergelombang seperti kulit jeruk dan parahnya lagi berkabut sehingga merusak pandangan Anda saat menyetir. Jadi kalau mau dilakukan sendiri pakai glass scrab saja," tutupnya.

Daihatsu: Xenia Sudah Memenuhi Standar

M Luthfi Andika - detikOto





Jakarta - Menyusul terjadinya kecelakaan maut di Tol Purbaleunyi Bandung, keselamatan sebuah produk otomotif dipertanyakan. Daihatsu pun memberikan klarifikasi, setiap mobil Xenia yang beredar di pasaran sudah memenuhi standar.

"Kalau mengenai kendaraan, kendaraan itu yang diproduksi oleh pabrikan. Dan sebelum diluncurkan itu sudah memenuhi standar yang ditentukan pemerintah. Dan standar pemerintah Indonesia itu mengaju kepada standar international," kata Head Domestic Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rio Sanggau, saat dihubungi detikOto, Senin (8/4/2013).

Rio menuturkan, sebelum dipasarkan sebuah produk pasti diuji terlebih dulu oleh pabrikan.

"Pasti ada pengujian terlebih dahulu, ada uji surat ijin laik jalan, pengujian standar kualiti, kelayakan jalan, uji tipe, dan masih banyak lagi serta bisa memakan waktu yang lama. Pengujian ini bukan pengujian ecek-ecek (pengujian formalitas), tapi pengujian telah sesuai dengan standar pemerintah," tambah Rio.

Akan tetapi Rio mengakui, kontroversi terhadap suatu produk yang mengalami musibah seperti ini merupakan hal yang biasa.

"Biasalah kalau untuk itu (meragukan produk) itu mah hal biasa, ada pro dan ada kontra. Oleh sebab itu kita hanya bisa memberikan keterangan nanti setelah penyidikan," tutup Rio.


Pertamina Bagi-bagi Alat Pengendali BBM Subsidi di Mobil

Rista Rama Dhany - detikOto



Jakarta - Pihak Pertamina menyatakan pihaknya akan memberikan gratis alat pengendali konsumsi BBM subsidi yaitu radio frequency identification (RFID) untuk setiap kendaraan bermotor.

"Sistem monitoring dan pengawasan BBM subsidi salah satunya dengan alat RFID nantinya gratis tanpa biaya dipasang di setiap kendaraan bermotor," kata Vice Presiden Fuel Marketing Pertamina Muchamad Iskandar ketika dihubungi, Selasa (9/4/2013).

Dikatakan Iskandar, nantinya Pertamina akan membuka layanan pemasangan RFID tidak hanya di SPBU-SPBU, tetapi juga di pusat belanja dan bengel-bengkel.

"Masyarakat yang ingin memasang RFID nantinya bisa di SPBU, mal, bengkel, bahkan rencananya setiap pengurusan surat kendaraan baru sudah sekalian RFID," ucap Iskandar.

Nantinya setiap kendaraan diwajibkan untuk memasang RFID di setiap kendaraanya.

"Ya kalau tidak ada RFID ya BBM-nya tidak bisa keluar, khususnya BBM subsidi, jadi kalau mau beli BBM subsidi ya harus ada RFID di tangki kendaraan," ulasnya.

"Satu lagi pemasangan RFID di kendaraan tidak terlalu lama hanya 2 menit saja, seperti pasang stiker saja," tandasnya.

Seperti diketahui Pertamina menganggarkan Rp 800 miliar per tahun untuk membangun sistem monitoring dan pengendaliaan BBM subsidi, dengan sistem ini diharapkan mampu mencatat dengan rinci berapa konsumsi BBM subsidi dan bisa menghindarkan dari penyahgunaan BBM subsidi.

Pertamina memperkirakan, jika sistem ini diterapkan secara nasional maka dalam satu tahun negara dapat menghemat Rp 20,9 triliun per tahun.