Tuesday 9 April 2013

Pertamina Bagi-bagi Alat Pengendali BBM Subsidi di Mobil

Rista Rama Dhany - detikOto



Jakarta - Pihak Pertamina menyatakan pihaknya akan memberikan gratis alat pengendali konsumsi BBM subsidi yaitu radio frequency identification (RFID) untuk setiap kendaraan bermotor.

"Sistem monitoring dan pengawasan BBM subsidi salah satunya dengan alat RFID nantinya gratis tanpa biaya dipasang di setiap kendaraan bermotor," kata Vice Presiden Fuel Marketing Pertamina Muchamad Iskandar ketika dihubungi, Selasa (9/4/2013).

Dikatakan Iskandar, nantinya Pertamina akan membuka layanan pemasangan RFID tidak hanya di SPBU-SPBU, tetapi juga di pusat belanja dan bengel-bengkel.

"Masyarakat yang ingin memasang RFID nantinya bisa di SPBU, mal, bengkel, bahkan rencananya setiap pengurusan surat kendaraan baru sudah sekalian RFID," ucap Iskandar.

Nantinya setiap kendaraan diwajibkan untuk memasang RFID di setiap kendaraanya.

"Ya kalau tidak ada RFID ya BBM-nya tidak bisa keluar, khususnya BBM subsidi, jadi kalau mau beli BBM subsidi ya harus ada RFID di tangki kendaraan," ulasnya.

"Satu lagi pemasangan RFID di kendaraan tidak terlalu lama hanya 2 menit saja, seperti pasang stiker saja," tandasnya.

Seperti diketahui Pertamina menganggarkan Rp 800 miliar per tahun untuk membangun sistem monitoring dan pengendaliaan BBM subsidi, dengan sistem ini diharapkan mampu mencatat dengan rinci berapa konsumsi BBM subsidi dan bisa menghindarkan dari penyahgunaan BBM subsidi.

Pertamina memperkirakan, jika sistem ini diterapkan secara nasional maka dalam satu tahun negara dapat menghemat Rp 20,9 triliun per tahun.

No comments:

Post a Comment